Setelah 27 Tahun Kota Bogor Raih Adipura Kembali

Rabu, 26 April 2017     Berita Kota
Bogor - Setelah 27 tahun, akhirnya Kota Bogor kembali mendapat penghargaan Adipura. Bersama 69 kota/ kabupaten se-Indonesia, Kota Bogor meraih sertifikat adipura tahun 2015. Penghargaan diberikan atas peningkatan kinerja kabupaten/ kota dalam pengelolaan lingkungan hidup perkotaan selama periode 2014-2015. Acara penyerahan penghargaan ini diselenggarakan di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, pada Senin malam (23/11) dan untuk kota Bogor diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat.

Hadir dalam acara penyerahan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan menteri lingkungan hidup di era-era sebelumnya. Usai menyerahkan penghargaan adipura kencana bagi tiga kota terpilih, Jusuf Kalla menyampaikan, mendapat penghargaan Adipura merupakan harapan masyarakat dari masing-masing daerah karena hal tersebut bermakna tingkat kehidupan, kebersihan lingkungan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Lingkungan yang baik, selain memberikan kenyamanan bagi masyarakat juga mampu meningkatkan kesehatan dan kebersihan masyarakat. Dewasa ini muncul suatu anggapan keliru tentang kesehatan, hakikatnya kesehatan selalu dimulai dari preventif dan pemeliharaan lingkungan yang baik. Kota yang bersih dan lingkungan yang sehat serta baik pasti akan dikunjungi orang banyak yang berdampak kepada sektor ekonomi pula," tutur Kalla.

"Ini merupakan pembuktian. Ketika kita bersatu dan bersama-sama melakukan sesuatu tidak ada yang tidak mungkin. Untuk sekarang, walaupun baru mendapat sertifikat. Saya rasa peningkatan dari sertifikat ke penghargaan adipura, insyaAllah bukanlah sesuatu yang sulit. Dengan sinergi dan kolaborasi semua pihak, saya memiliki keyakinan Kota Bogor dapat mewujudkannya," cetus Ade dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (24/11/2015).

Hal yang sama disampaikan Kepala DKP Kota Bogor, Irwan Riyanto yang turut mendampingi Ade Sarip. "Ini merupakan anugerah bagi Kota Bogor. Setelah menunggu 27 tahun, sertifikat ini semoga menjadi awal yang lebih baik ke depan. Semoga tahun depan, kita benar-benar mendapatkan piala yang sudah lama diimpikan," pungkas Irwan.

Sementara itu, Walikota Bogor Bima Arya, mengapresiasi diraihnya kembali penghargaan Adipura oleh kota Bogor setelah 27 tahun. Bima pun telah memiliki ide program agar Kota Bogor bisa kembali mendapatkan penghargaan Adipura tahun depan.

"Meskipun bukan piala, tetapi ini sudah merupakan penghargaan yang harus kita syukuri. Karena sertfikat adipura diberikan kepada daerah yang melakukan lompatan signifikan dalam pengelolaan lingkungan dan sampah," terangnya.

Menurut Bima, nilai yang dicapai kota Bogor tahun ini berselisih sedikit untuk meraih piala adipura. "Untuk itu, kita harus lebih optimis ke depannya. Dan hasil ini harus dijadikan motivasi, sehingga tahun depan, Piala Adipura bisa diraih kota Bogor," harap Bima.

Untuk itu, Bima berharap ada langkah lanjutan untuk mendorong lebih nyata partisipasi masyarakat. "Salah satunya, dalam enam bulan ke depan, akan dilaksanakan lomba kebersihan tingkat RT. Namun, supaya melahirkan kesadaran yang kuat, setiap RT yang akan berpartisipasi harus mendaftar terlebih dahulu," ujarnya.